Kamis, 14 Februari 2013

marketing cinta


Assalamualaikum brother tda kampus yang unyu- unyu .

kenalkan nama saya Rendra Visual  ane di tda jogja dari pengurusan ketua 1 kakak seta sampai hari ini.
--------------------------------
Melihat semangat temen2 tda kampus jadi ikut semangat lagi berbagi ilmu kebetulan memang spesifik bidang saya di marketing komunikasi .
------------------------------------------------------------------
Untuk tema kali ini ane mau sharing tentang Marketing Cinta -- em pasti pada penasaran ya Apa sih marketing cinta itu ?

mau tahu aja atau mau tahu banget ? ciyus nih beneran - ayok kita cimak bayeng- bareng.
--------------------------------------------------------------------------
Ngomongin marketing komunikasi  memang gak ada habisnya memang komunikasi menjadi faktor yang penting dalam dunia pemasaran , ataupun dalam kehidupan sehari -hari . Komunkasi yang Efektif efisien dan tepat sasaran akan salah satu tongkat pertumbuhan bisnis anda.

------------------------------------------------
Sebelum kita berjualan ada baiknya kita melakukan riset pasar dulu misal nih yang teoristis Analisi SWOT dan Bauran Pemasan P4 /P7 (PRODUK PRICE, PLACE , PROMOTION). wHY harus basic Riset karena itu akan membantu kita membuat keputusan, salah langkah dari awal salah kaprah semuanya daru hul ampe hilir.
--------------------------------------------------------------------------------
Riset sederhana adalah menentukan Ideal Target Market ideal dulu kalo bisa visualisasikan, kita membuat jasa atau produk itu harus base on riset biar gak galau gitu .

Pusing ya ini baru pemanasan tapi asyik kan, lanjut , gak semua orang butuh produk kita , kita fokus saja kepada target market ideal, misal mau jual untuk segment kelas apa oranga kaya, menengah, atau kelas bawah. Tidak mungkin produk bisa menyasar semua orang jadi harus spesifik dan JELAS siapa market ideal kamu.
--------------------------------------------------------------------------------
Mulai tanyakan apa sih uniknya produk kamu dari yang lain, apakah mereka butuh, apa nilai tambahnya produk ini dari yang lain, apa yang membuat kamu yakin mereka pasti beeli, temukan PROBLEM - nah produkmu adalah solusi.
----------------------------------------------------------------------------------------
kalo gak ada nilai tambah, keunikan yang kamu tawarkan dan tidak memberikan solusi mending fokus dulu pada Produk sebelum masuk pemasaran.
------------------------------------------------------------------
 Coba temen2 lihat gambar dibawah deh ...
disitu ada proses step by step bagaimana orang dari tahu menjadi membeli sampai loyal dan cinta  .


MARKETING CINTA
dalam marketing komunikasi - Tahapan kita itu bukan cuma sampai orang membeli produk kita tapi sampai pada tahapan  mereka menjadi pelanggan.
Pelanggan bahkan keluarga bukan sekedar konsumen.
---------------------------------------------------------------------------------------
Tahap 1 Know

Tak KENAL maka taaruf , hehehe
bagaimana orang mau sayang  kalo gak tahu produk anda . Brand awarnes itu penting sehingga orang sadar kalo produk anda itu ada dan syaratnya juga harus terkenal.
------------------------------------------------------------------------------
Distribusi  - terkenal udah branding keren udah, tapi kalo produk anda susah ditemukan gimana orang mau beli, pentingnya titik distribusi dan  mudahnya  mendapatkan produk anda.
--------------------------------------------------------
Setelah tahu tahapan selanjutnya
interest

setelah tahu-  calon konsumen kita / prospek akan interest (tertarik ) , dan mencoba mencari tahu tentang produk ataupun bertanya pada yang sudah mengunakan produk.
Syarat kan mereka tertarik harus ada nilai tambah, unik , kreatif, inovatif , pokoknya bikin kita bilang Woww apaan ini.

---------------------------------------------------------------------
setelah timbul ketertarikan follow up uni penting jemput bola brother , - kuncinya penawaran yang sensasional dan dapat dipercaya, pokoknya nanti deh kita bahas pertemuan selanjutnya 225 cara membuat prospek tertarik dan membeli produk anda.
------------------------------------------------------------------------------------------

Trial mencoba -

kalo udah tahu  tertarik pasti dia akan tes atau coba membeli , dipercobaan beli pertama ini sangat menentukan dia akan jadi sekedar konsumen atau pelanggan.

banyak kita hanya sampai tahapan beli saja padalah tujuan marketing cinta bukan cuma beli tapi menciptakan pelanggan yang loyal dan cinta .
--------------------------------------------------------------------------
trial gain

Tahap berikutnya Kalo dia puas dia pasti trial again, tapi kalo kecewa tamatlah sudah cukup sampai disini .

Membeli lagi, gak cuma sekali beli jadi marketer yang hebat dia bisa buat penjualan lagi dan lagi, kalo puas dengan layanan dan produk anda service dll , biasaya akan terjadi marketing getok tular atau reveral.

Dengan sukarela pelanggan yang puasa ini akan merefrensikan kepada saudara teman, keluarga dan apstinya yang tahu pelaggan ideal seperti dia ya pelanggan itu sendiri . (Marketing dahsyat penawaran datang dai pelanggan kita sndiri )

Pelanggan Idaman = Marketers handal yeahhhh
-----------------------------------------------------------------------------------
loyal dan Cinta

kalo udah loyal dan cinta pernah dengarkan bertahun tahun ada oarang adai anak cucu sampai cicit gak mau pisah dengan produk A atau B , dengan merk pasta gigi ini, sabun ini, motor ini .

Pelanggan yang loyal dan cinta akan membela produk kita walau ada yang menjelek - jelekan, hatinya udah tresno karo awake dewe, wes cocock loyal dan Cinta.

Karena Cinta adalah ras
So , jangan cuma smpai tahapan membeli, berikan sentuhan agar konsumen menjadi keluarga bagian dari kita .


semangat terus tda kampus jogja, jadilah pengusaha yang berkah selamat dunia dan akherat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar