Minggu, 27 Oktober 2013

Sistem baik akan memaksa orang menjadi Baik

Saya hari ini ingin cerita sedikit tentang pemimpin yang amanah  dan sistem kepemimpinan, biasanya materi tentang kepemimpinan dan sistem kepemimpinan cukup berat dibicarakan, melalui ilustasi cerita ini saya mencoba untuk menyederhanakan  .  Awal SMP dahulu saya bersekolah di suatu sekolah negeri di yogyakarta yang notabenya saat itu mempunyai murid yang banyak dan juga nakal -nakal.

Pemandangan dari Berkelahi , kompas2san, maling, minum2,  fenomena gengster , merokok, komik hentai, nonton rame2 video porno di pojok kelas saat istirahat,  guru BP, menajdi fenomena yang biasa dilakukan anak anak disekolah tersebut .

Sebenarnya sd saya itu anak baik2 tapi karena lingkungan saya lebih dominan memaksa saya menjadi anak nakal, saya dulu anak band udah ngeluarin album juga, terus saya kenal ama ketua gengster jadi kalau kelahi ada bakingannya. 

Singkat cerita karena nilai UAN saya jelek tidak ada sma negeri yang bisa saya masuki, dan akhirnya saya memutuskan masuk ke MAN (Madrasah) , alasannya simple karena diMadrasah  pakai tes wawancara gak ada NIM hehehe, alasan ke dua krena kayaknya hanya ini madrasah di jogja yang paling bagus gedungnya.

Madrasah ini mulailah pembentukan jati diri saya yang sesungguhnya , saya merasa punya lingkungan baru untuk mengembangkat minat bakat saya. 




Budaya ULTRAPRIMA unggul trampil berkepribadian matang diterapkan oleh guru, satpam, sampai ibu kantin. Dari madrasah ini saya mulai dipercaya menjadi Wakil ketua DEWA (dewan siswa) , menajdi ketua SKN (Sekolah kerja Nyata), wakil ketua Dematic Dekorasi, Ketua  Umum Kordinator Osis DIY (magistra utama ), dan masih banyak lagi.

Jadi emang waktu itu saya menikmati sekali menjadi aktivis sekolah , kalau ditempat kami menjadi dewa itu udah kayak jadi selebritis satu sekolah , karena jumlahnya eklusif cuma 9 dan memang untuk memperebutkan kursi kepemimpinan disitu tahapannya juga keren butuh perjuangan Extra.

walaupun ada yang nakal satu dua orang yang suka bolos juga , gengster , dll tapi jumlahnya sedikit tidak sebanyak waktu di SMP , karena sistem yang kuat dan bagus.  

kalau sudah duhur gerbang depan ditutup biar pada sholat duhur, guru- guru juga ikutan sholat duhur berjamaah di masjid , walau pas istirahat pada makan di kantin tapi kebanyakan habis makan ikutan sholat karena ngelihat temenya pada sholat walau ada yng bolos juga sih.

Kalau telat dulu dipulangin tapi sekarang masuk BP dikasih tugas habis -habisan, Gru Bp juga jadi teman yang asyik buat curhat.




Selain kegiatan belajar mengajar juga ada kegiatan eksta intra klub -klub untuk mengembangkan minat bakat. Ada club badminton, Voli, basket, sepak bola, take won do, pencak silat, musik, seni, nasyid, mengambar, dekorasi, tilawah quran , club kurnalistik, pramuka, book lovers, pokoknya banyak deh.

Guru dimadrash saya itu udah kayak teman , coach yang selalu ada buat kita tidak ada gap diantara kita , pokoknya keren tapi tetap saling menghormati.

3 tahun saya dibentuk dilingkungan yang baik dan Alhamdulillah menjadi anak yang baik , semagat , kreatif dan inovatif , saya dibimbing untuk jadi pemimpin sejati pokoknya.



Saat kuliah  pertama saya masuk lewat jalan yang gak halal tanpa Tes karena ada saudara disitu , karena saya gak masuk UGM ceritanya jadi saya sembarangan aja deh cari kampus .

Teryata eh teryata Lingkungannya Lebih jahiliyah daripada waktu SMP lebih parah, hedonisme banget, disitu kamu bisa nyaksikan cewe2 pada ngerokok, minum alkohol adalah biasa, ada juga yang ganja di kamar mandi, sholat itu asing , mushola yang sepi , HMJ yang penuh botol miras , doktrin2 senior kakak angkatan yang suka maksiat .

Lebih parah lebih ancur , tapi terlanjur bayar kuliah ya udah dijalanin , Lingkungan ini dalam waktu sesingkat2nya banyak mengubah hidup saya jadi ikutan rusak, sholat jarang2 , mulai deh rokok, puya temen2 yang tatonya seabrek, sukanya ganja , didalam kelas sambil minum sambil belajar wohh.

Ditambah lingkungan hot pad dan kos kosan , kampus2 disekitarnya yang sama parahnya , kos- kosanbebas dan ayam kampus.



anak kyaipun bisa jadi preman kalau kelamaan gaul dengan preman.

layaknya seperti super hero saya coba untuk berani mencalonkan diri jadi ketua Angkatan, saya oarang yang over aktif bertanya, dan lumayan punya teman masa .

 waktu  itu kampus saya kelasnya dari A- J satu kelas 40 orang/ kelas ,  banyak kan 1 jurisan itu .

Tapi saat makrab karena program saya kayanya dirasa tidak mendukung gaya hidup mereka yang gaul , saya akhirnya jadi wakil ketua .

kalau tahu gimana saat makrab OSPEK  kami diploco , parah abis udah kayak sambutan selamat datang dikampus gengster.

Doktrin kesesatan pengusa kakak kelas menyetir adek2nya buat bikin thanks party lah , nyediain miras 4 galaon aqua lah, dan biasa rokok bikin saya makin gila.

Maunya masuk dalam sistem tapi yang punya pemikiran kayak saya cuma dikit dan pada gak ada yang berani ,dan saya pun kebawa sistem yang ada .

Sampai akhirnya saya sedikit demi sedikit malah kebawa ya tadi jadi hedon, suka ngerokok, ya gitulah pokonya .

Sampai satu kejadian yang parah saya harus bikin event thaks party yang meresahkan warga,  memalukan di kampus sampai jam 2 malam , waktu itu dekan datang tengah malam dilapori warga sekitar kampus ada ribut2 di kampus.

Karena memang pada malam itu pada kondisi para pemabuk berat ngamuk , sampai mecahin kaca kampus .

saya akhirnya sebelum surat peringatan 1 diturunkan, orang tua saya  memutuskan mengeluarkan saya  dari kampus tersebut dan Hijrah mencari Kampus yang lingkungnnya lumayan baiklah .

Pemimpin yang baik itu kalau udah masuk ke sistem yang buruk , lama2 jadi buruk juga , coba lihat Indonesia sekarang ini .

Kasus Pembunuhan terjadi tiap hari meningkat, kasus korupsi, aborsi, hamil diluar nikah, perzinaan , kemiskinan, moral yang rusak, kedangkalan berpikir .

Survei hanya 2 pesen yang udah pernah katam  baca Al quran sampai terjemahan.

yang sholat ke masjid atau tahu arti bacaan sholat yang sesungguhnya juga sedikit sekali. kebanyakan orang  jadi simpatisan muslim bukan orang islam sejati hanya islam ktp , ikut2tan saja  .

Yang pertama adalah sistem yang baik. Dan yang kedua adalah kepemimpinan yang amanah. Sistem yang baik itu adalah sistem yang berasal dari Dzat yang Maha Baik, yaitu Allah SWT. Itulah syariah Islam. 

Dan pemimpin yang amanah adalah pemimpin yang mau tunduk kepada sistem yang baik tadi, dan dia memimpin dengan penuh keadilan.

Sistem baik akan memaksa orang menjadi Baik 

cotoh separah2 orang yang pakai hot pand dan tank top kalo ke masjid pasti akan tutu auratnya dan melepas sandalnya.

contoh lagi pernah ke mol yang kinclong bersih kalo kesana berani gak ngeludah , coba bandingkan kalo ke pasar yang becek , dan kotor .


Islam itu agama paling sempurna , mengatur detail kehidupan manusia, semua ada aturannya, mau makan, mau jual beli, mau berdoa, bercermin, mau tidur .

Dari sistem pemerintahamn, peradilan , sosial , dan politik Islam mengatur semuanya rinci detail .


Terbukti sistem buatan manusia tidak bisa mensejahterakan Manusia sendiri malah merusak dan menghancurkan.

Hukum2 Undang -undang dibuat ada campur tangan kepentingan, kebijkan2 dibuat untuk melancarkan para pemilik modal swasta dan asing .



Al Quran dan hadist itu diturunkan rahmatan lil alamin,  agar mengatur kehidupan didunia ini agar selamat dunia dan akerat .

karena tidak mau mengunakan hukum islam dan menuruti hawa nafsu para penguasa, akhrinya kekacauan terjadi dimana2 kerusakan dilangit dan di bumi .

kita juga diperintahkan agar masuk islam secara kaffah , semua aturan didalam islam ada yang bisa dilaksanakan secara individu , kelompok/masyarakat/ormas dan satu lagi pilar yang penting adalah negara (kekuasaan ).

Barangsiapa di antara kalian melihat suatu kemungkaran maka hendaklah ia merubahnya dengan tangannya (kekausaan) jika tidak bisa maka dengan lisannya, jika tidak bisa juga maka dengan hatinya, itulah selemah-lemahnya iman."[HR. Muslim dalam Al-Iman (49)]

coba kita analisis misal dengan lisan kalau ada kemungkaran wanita tidak menutup aurat.

 apa bisa mengingatkan sekian juta orang dengan lisan kalau gak punya kekuasaan , ayo deh pakai kerudung nanti masuk neraka loh, sekian banyak orang .

coba kita masyarakat ormas kita mendatangi doli sarkem yang jadi pendapatan negara, kayak misal FPI bisa kah menyuruh prostitusi untuk ditutup,, pasti akan bentrok .  malahan polisi dan tentara yang melindungi.  

Tapi coba  kalo pemerintah kasih aturan ditutup prostitusi , yang menyeru adalah pemerintah dan dibantu polisi dan ormas demi menjalankan huku Islam, doli bisa ditutup itu . 

Dengan kekuasaan dan aturan syariat islam kita bisa  mencegah kemungkaran terus berkembang dan merusak dunia .



Untuk memahamkan umat tentang pentingnya syariat islam dan khilafah diterapkan tidaklah mudah , butu perjuangan ekstra. Harus mengunakan metode Rasul dalam berdakwah biar selamat dunia dan akerat.

Terus apa solusinya untuk menegakkan syariat dan khilafah di muka bumi ini 

Ponggalan giwangan  sekarang adalah minitur   negara , pesantren masyarakat berbasis kampung dan centralnya adalah masjid . 

Pembinaan kader dakwah agar kuat akidahnya, alqurannya , hadistnya  ,akhlaknya .
Pemahamaan masyarakat berinteraksi dengan masyarakat (sambil mencari bibit bibit kader yang akan dibina)
Memahamkan pemegang kekuasaan para penguasa agar setuju dengan konsep islam solusi yang ditawarkan.

baru kemudian masyarak sudah paham setuju  dapat dukungan dari masyarakat dan penguasa muslim yang sudah paham dan tobat , kalau sudah kuat Allah akan berikan janji kemenagan itu, umat islam kekuasannya meliputi timur sampai barat dan benar2 menajdi kholifah di bumi ini . 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar