Rabu, 02 Mei 2012

Survei KKN UMY desa transmigrasi kulon progo 2012


Survei Pertama KKN UMY 2012 kali ini mengakat Tema tentang Pemberdayaan masyarakat Transmigrasi Lokal Ring 1 Menuju Masyarakat Mandiri. 

Ada 3 Program yang akan digalakkan dan 3 kelompok kewirausahaan , kesehatan , dan juga keagamaan. Desa ini bebar benar baru belum punya kepala desa lagi baru mau dipilih juli besok wuih masih virgin nih desa. 

Potensi desa ini sangat banyak dari pertanian hingga peternakan , Perikanan dan juga wisata. Kami KKN (Kuliah Kerja nyata ) di dekat Pantai Trisik, dekat sekali ya kira-kira 7-10 meter dari base camp kami di masjid .

Dari Pertanian ada pengembangan banyak di lakukan untuk pengembangan pepaya california silangan ini bibit paling unggul keturunan pepaya , pokoknya kalo keturunan ya ni bobot bibit bebetnya joz. Ada juga Buah Naga karena memang daerah Pantai, dan tanaman bunga Rosela ituloh teh yang bisa buat obat enak deh . 

Peternakan ini mereka sudah punya alat penetas telur mantap jaya dan ada juga ternak bebek, ayam dan banyak lagi. 


Dari devisi Keagamaan sekarang khususnya ini misi UMY membangun dan menaktifkan kegiatan masjid di desa transmigrasi ring satu ini.

Penduduknya lumayan ada 40 kk atau 50 ya lupa je, ada kabar nih tahun lalu yang non muslim cuma dua kk eh tau-tau tahun ini dah jadi 7 kk ehemm ada apa nih.

TPA sementara ini di rumah takmir , em tau gak sih loh kalo yang ngajar tpa cuma sang takmir dan istrinya ya kalo misal ada kondangan atau acara ya  tpanya libur eh tapi dah joz banget tiap hari tpa. 




Trailer KKN UMY MOVIE 2012

Remaja masjid ehem ni dah ada rutin sebulan sekali kajian, tapi yang ngisi ya pak takmir lagi takmir lagi kasihan nih, mungkin teman -teman training FSRMY (Forum silaturahmi Remaja Masjid Yogyakarta )  bisa bantu unuk suplay pengajar TPA atau ngajari para remaja masjidnya training outbond dan lain-lain. 

Kontruksi masjid menurut anak-anak teknik UMY kontruksi bangunan tidak standar gak tau tuh malah gak ada pondasinya dan juga di pasir pantai, menurut pak takmir harus segera direnovasi Atapnya karena mau rubuh, Nah buat agan-agan dari sedekah rombongan, bebagi ide segar, peduli berbagi, tangan di atas, ruamah zakat , dompet duafa boleh deh bantuini nih masjid amal jariah juga tuh .


Fasilitas masjid juga perlu adanya  perpustakan masjid tambahan buku -buku ni bisa juga nih kerjasama dengan fespel festifal pelajar jogja yang lagi galang 10000 buku di jogja . Iqro juga boleh dan Al Quran dan masih banyak lagi nih perlu ditambah fasilitasnya.

Apa lagi ya kayaknya dah dulu deh lagi capek nih pulang survei tadi lumayan adohhh yeahh semangat boy besok gua ceritain lagi detailnya yang pasti bagi loe yang peduli mau partisipasi bantu program-program kkn ditunggu partsipasi bantuannya matrial maupun non material spirit brather untuk menolong agama ALLAH niat ibadahh .


2 komentar:

  1. salam mas..

    inssaalloh bulan ini saya dari UIN mau KKN juga di kulonprogo.. sekiranya ada gambaranlain dari potensi sampai masalah sosial yang perlu penekanan lebih.. dan kalau boleh. saya ingin dan berminat melihat hasil laporan tentang gambaran masyarakat kulonprogo tersebut.. salam, by priyo

    BalasHapus