Minggu, 17 November 2013

Pelanggan adalah Aset Berharga


Dalam mendapatkan pelanggan baru, Perusahaan melakukan investasi besar. Banyak sekali investasi-investasi yang dilakukan yaitu di advertising baik itu media offline maupun online. Kemudian investasi di promosi, agar produknya bisa dikenal oleh calon pelanggan.

Seiring berjalannya waktu, dengan terkumpulnya banyak pelanggan yang pernah membeli produk tersebut. Rasanya sayang jika pelanggan-pelanggan tersebut tidak dioptimalkan, malah melakukan investasi besar lagi untuk mencari pelanggan baru. 

Sebenarnya Pelanggan yang lama prosentase keinginan untuk membeli lagi lebih besar dibandingkan pelanggan yang baru, karena pelanggan yang lama pernah menggunakan dan mengetahui produk perusahaan tersebut. Sehingga lebih menguntukan untuk mengajak pelanggan lama untuk membeli lagi dibandingkan mencari pelanggan baru.

Bagaimana cara menahan pelanggan-pelanggan lama? berikut ini beberapa tips yang bisa dibagikan:

Pertama,
data semua pembelanjaan yang terjadi yang dilakukan oleh pelanggan. Setiap data pembelanjaan harus terisi oleh pelanggan yang melakukan.

Kedua
, disusun ulang menjadi satu semua data pembelanjaan selama kurun waktu satu tahun. Penyusunan data disesuaikan dengan urutan nama / kode pelanggan.

Ketiga
, dari data pembelanjaan yang telah tersusun, bisa diketahui pelanggan & jumlah pembelanjaan pelanggan. Tuliskan masing-masing pelanggan terhadap jumlah pembelanjaannya.

Keempat
, setelah disusun, dibuat prosentasenya, pelanggan yang membeli minimal dua kali terhadap jumlah total pelanggan.

Kelima,
dari angka prosentase tersebut, bisa diketahui apakah perusahaan sudah maksimal mempertahankan pelanggannya atau tidak.

Di perusahaan-perusahaan pada umumnya, total pelanggan lama yang tertahan adalah sebesar 20%, apabila di Perusahaan Anda, jumlah total pelanggan lama tertahan dibawah 20%, lebih baik anda segera bertindak, sebelum perusahaan anda menunggu waktu untuk roboh.

Di salah satu perusahaan di US yang mempunyai pelayanan customer serivce yang terbaik, total pelanggan lama yang bertahan adalah sebesar 80%, sehingga membuat laju pertumbuhan perusahaan rata-rata dua kali setiap tahunnya, apakah Anda bisa?


Silahkan baca artikel lainnya



Dalam mendapatkan pelanggan baru, Perusahaan melakukan investasi besar. Banyak sekali investasi-investasi yang dilakukan yaitu di advertising baik itu media offline maupun online. Kemudian investasi di promosi, agar produknya bisa dikenal oleh calon pelanggan.
Hakikat berbisnis adalah menghasilkan pelanggan bukan sekedar konsumen, jadikan mereka sahabat, keluarga, kalo mereka telah cinta pada anda mereka akan loyal dan membantu anda mati-matian.



Bergaullah dengan para pemikir maka Anda akan menjadi pemikir yang lebih baik. Bergaullah dengan para pemenang, maka Anda akan menjadi pemenang yang lebih baik. Bergaullah dengan para pengeluh dan perengek maka Anda akan menjadi pengeluh dan perengek yang lebih baik.



Team itu seperti kelima jari kita, jika ada satu jari yang tidak bisa melengkapi, akan susah untuk menggenggam sesuatu, atau melakukan suatu hal




sudah 7 tahun saya berkecimpung didunia organisasi ada beberapa penyakit organisasi yang membuat organisasi (TEAM ) tidak bergerak.




kita menawarkan tidak bisa kesemua orang hanya target market Ideal saja yang tepat sasaran dan disampaikan melalui komunikasi dan media yang tepat efektif dan berefek multiplayer atau faktor kali


Tidak ada komentar:

Posting Komentar