Selasa, 04 Desember 2012

Setelah sekian lama kuliah



Setiap ilmu (sains) adalah pengetahuan (knowledge), tetapi tidak setiap pengetahuan adalah ilmu. Ilmu adalah semacam pengetahuan yang telah disusun secara sistematis. Bagaimana cara menyusun kumpulan pengetahuan agar menjadi ilmu?

Setelah sekian lama kuliah baru sadar dan baru punya alasan kenapa aku harus kuliah, Terlambat memang semester 8 coba bayangin.

Pada awal -awal kuliah sempet dapat krisis tidak puas dengan teori di kampus dan mengagap skil lebih dahsyat dari teori. Teori terus bosen mending berkarya mempertajam skil , alhasil semester 1 aku kuliah di UPN dengan IP yang lumayan dahyat 3,4 lebih lah, Pindah ke Umy semester 2 masih bagus  masih semangat 45 perjuangan. 

Semester 3 mulailah untuk mengasah skil magang mandiri , eh bekerja ding ke sebuah Cv Yang bergerak di bidang advertising bellow the line dan desain grafis.

dari situ mulai belajar jadi seorang account executive bagaimana handel klien, dll, bala-bla waktu berlalu gabung dengan komunitas antar kampus AKPMI (Asosiasi Komunitas Periklanan Mahasiswa Indonesia) mendadak aku punya teman banyak banget. 

Dari UGm, atma jaya, Upn, Uin, Umy, macem2 deh pokoknya kumpul jadi satu dalam asosiasi anak iklan. Semakin masuk didunia kreatif ane akhirnya bisa kenal pak Rifki Ceo Sengenge Marcomm, Pak Andhika Syafaat marcomm, Pak arief Budiman Pt.Petakumpet, Iqbal Rekarupa (rekarupa), Pak sumbo (DKV ISI ), ajaib memang dari seorang mahasiswa bisa kenal ceo-ceo biro Iklan. 

mendadak juga bisa gabung di Pinasthika Award sebagai panitia ad team jadi tahu tentang bagaimana Industri dunia Iklan yang sesungguhnya. Berkantor di PPPI Jogja (persatuan perusahaan Periklanan indonesia),  Kenal dengan bajigur magz, sampai ke jakarta bisa kenal dengan temen2 dwi sapta sampai ikutan lomba di PPKI (Pekan produk kreatif indonesia ) 2011 kementrian perdagangan dan dapat gelar harapan 2 tingkat Umum.

Ditambah lagi mau buka usaha sendiri gagal dari broker percetakan ,  distro, jual beli kamera, clothing konveksi, sampai studio grafis dan video,event Organizer ,  gak ada yang beres malah meninggalkan hutang hiks-hiks orang tua kagak ridho mungkin . 

Perjalanan Panjang yang menyenangkan tanpa sadar kuliah wkwkwk ceprot baru sadar di akhir udah semester berapa ini, berapa banyak nilai-nilai yang jeblok dan yang bolos.

Orang tua pun mulai menagih kapan kamu lulus , Wah wah galau, di akhir saya baru tersadar telah menyia-nyiakan amanah ortu, amanah orang tua aja gak saya jalankan apalagi mau dikasih amanah bisnis, bisa-bisa kariyawan dan orang disekitar susah karena bisnis saya.



Ditengah galau saya sedikit demi sedikit sadar akan pentingnya akademis, mulailah saya mencari alasan yang kuat kenapa saya kuliah, mendadak saya bisa membedakan antara apa itu pengetahuan dan juga Ilmu dapat dari buku retorika yang mengguncang dunia. 

Ditengah perjalanan saya juga mulai menyadari saya telah jauh banget dari arti hidup untuk ibadah dari Tuhan Allah swt, saya sadar kalo sholat gak pernah tepat waktu mepet-mepet akhir, saya sadar jauh dari sholat sunah, tahajud , duha, baca Quran, ingat ama Allah.

Mungkin ini yang membuat hidup agak kacau, dari kesadaran inilah mulai saya mencari apa tujuan hidup yang sebenarnya, dari satu kajian ke kajian didengarkan, pengajian Mp3 sampai youtube. Ikut juga kelas masalah bisnis syariah di pengusaha rindu syariah, sebelumnya juga sudah ikut komunitas tangan diatas. 

Mulai dari situ ikut gabung lagi komunitas dakwah dari FSRMY forum silaturahim remaja masjid yogyakarta, sampai smart syuhada sahabat pelajat jogja yang dulu pernah ikut waktu 2008 . 

Dakwah dan Islam ini merubah semua cara pandang hidup gue 380 derajat , tadinya juga sempet galau kalo ane masuk dunia film , iklan banyak maksiat yang disebarluaskan donk, tapi akhirnya dari ilmu-ilmu komunikasi yang saya dapatkan di kampus dan diluar mulai di aplikasikan dalam dakwah. 

Dari bikin desain, majalah digital, Flippermagz.com sampai bikin kaos dakwah, menyalurkan ilmu komunikasi iseng2 kecil2lan bikin video, gambar, teks nulis, dan fals digital ampe pdf buat dakwah kreatif dan segement remaja . 

Sekarang ane lumayan tenang teryata ilmu ane di kampus bisa diterapin di jalan Islam, ane mulai lagi memberanikan  diri jadi pembicara dakwah kreatif, trainer remaja masjid dengan potensi ane mengajak sebanyak-banyaknya teman -teman buat ikutan melangkah menuju surga bareng2 . 

Ingat kawan Pengetahuan (skili) saja tidak cukup , loe harus punya ilmu agar sitematis dan teruji, kalo misal loe suka desain jadilah ilmuwan desai jangan tuakng desain setuju . 

Sekian dulu cerita dari ane mau kuliah pagi dulu nih, mudah2 menginspirasi semuanya , ingat jangan lupa kuliah ya, yang bener  jangan nyesel di akhir, saat ini pekerjaan yang paling penting dan hebat dalam hidupku adalah berjuang karena Allah membahagiakan Ortu, dokan saya mengejar semuanya dan cepat Lulus ya Aminnnnnnnnnnnnnnnnnn. 





 @RendraVisual 
Muslim Creativepreneur - Spirit For Better

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar