Jumat, 15 Juni 2012

Temanmi di saat galau


mengetahui isi pokok-pokok ajaran alquran sangat penting bagi umat islam agar mengetahui AL-Qur'an secara global. kemudian, meneliti pokok ajaran al-quran tersebut, sehingga dapat mengi secara menyeluruh isi-isi al-quran. pendapat para ulama  diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. tujuh pokok-pokok al-quran , yaitu amr (perintah) , nahy (larangan) , Wa'ad (janji) , wa'id(ancaman) , jadl (perdebatan) , qashas (kisah-kisah), dan amtsal (perumpamaan) . pendapat yang lain amr-nahy, halal-haram, muhkam-mutasyabih, dan amsal.
  2. menurut Muhammad Rasyid  Ridha bahwa al-quran diturunkan membawa lima hal yaitu :akidahtauhid , janji dan ancamanibadah dan jalan menuju kemenangan.
  3. para ahli menyimpulkan bahwa pokok-pokok ajaran al-quran ada tiga yaitu akidahh akhlaq,dan ibadah.
fungsi al-quran 

setelah mengetahui pokok-pokok ajaran al-quran , selanjutnya kita dapat kita dapat memahami fungsi al-quran itu sendiri. Al-quran sebagai kitab syariat terakhir yang diturunkan juga memiliki tujuan dan misi kehadirannya , antara lain sebagai berikut :
  1. sebagai pedoman hidup manusia
    al-quran diturunkan sebagai petunjuk bagi manusia. Di dalamnya terdapat penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk serta pembela (antara yang hak dan yang batil)
  2. sebagai pembenar dan penyempurna kitab-kitab terdahulu
    dalam surah Ali imran ayat 3, Allah swt berfirman:

    "Dia menurunkan kitab ( al-quran ) kepadamu ( muhammad ) yang mengandung kebenaran, membenarkan ( kitab-kitab ) sebelumnya, dan menurunkan taurat dan injil."
  3. sebagai pembawa kabar gembira dan peringatan
    Al-quran membawa berita gembira dan peringatan bagi orang-orang yang mengingkarinya. Disamping itu al-quran menjelaskan kriteria-kriteria golongan yang memperoleh berita gembira dan yang mendapatkan ancaman dan peringatan , perahatikan ayat berikut :

    "katakanlah ( muhammad ), ; aku tidak kuasa mendatangkan manfaat maupun menolak mudharat bagi dirimu kecuali apa yang dikehendaki Allah. Sekiranya aku mengetahui yang ghoib, niscaya aku akan membuat kebajikan sebanyak-banyaknya dan tidak akan ditimpa bahaya. Aku hanyalah pemberi peringatan dan pembawa berita gembira bagi orang-orang yang beriman." QS Ql-A'raf : 188
  4. sebagai sumber pokok ajaran islam
    Al-quran merupakan sumber pokok ajaran islam yang pertama. didalamnya terdapat keterangan-keterangan yang dibutuhkan oleh manusia untuk mengolah alam jagat raya ini. bahkan, sumber pokok tersebut tidak hanya mengantarkan manusia untuk bahagia didunia saja, tetapi juga bahagia di akhirat.



klik gambar







Tidak ada komentar:

Posting Komentar