Kamis, 29 Maret 2012

Persiapan Book mini perdana FSRMY





Dari masjid remaja & pemuda bersatu untuk Yogyakarta/ Indonesia 


Konsep tema pertama : 
Back To masjid 


Ada apa dengan Remaja Masjid ?


Tidak bisa dipungkiri remaja masjid sekarang semakin hari sedikit dan menghilang,ngakdidesa, dikota bahkan di kota pelajar Yogyakarta . Fungsi masjid sebagai pusat peradaban tak lagi disentuh oleh para pemuda islam, jiwa-jiwa muda seakan menghilang dan lenyap ditelan bumi. Kemana sebenarnya para pemuda ini  ?
Pasti semua punya jawaban masing-masing dijawab dalam hati ya hehhehehe
  


  Ayo semangatkan dan selamatkan "Back to Masjid"


Harus menjadi sebuah spirit semangat untuk membangun peradaban lewat masjid kembali,mengembalikan para pemuda dan remaja muslim calon para pemimpin, calon para presiden, calon mentri, calon hakim, calon pengusaha untuk rindu akan masjid dan berkarya lewat masjid.



Kita harus sedikit demi sedikit menghilangkan stairotipe kesan bahwa pemberdayaan masjid saat ini hanya milik para kaum tua, pemberdayaan masjid  hanya sebatas ibadah mahdhah saja, dan pemberdayaan masjid juga masih bernilai sakral yang tidak boleh diselingi dengan wadah kreativitas keislaman.








yUK sedikit Flas back 



Awal kejayaan umat Islam sebagai titik balik sejarah dimulai sejak generasi pertama dibawah kepemimpinan Rasulullah Muhammad Saw terutama setelah melakukan hijrah dari Makkah ke Madienah.

Pelajaran utama dari perjalanan Hijrah Rasulullah Saw dan para sahabatnya yaitu adanya proses peletakan cikal bakal sebuah entitas peradaban.



Membangun Masjid (Pertama membangun Masjid Quba’, selanjutnya membangun Masjid Nabawi Al-Syarif) di Madienah sebagai bangunan pertama dalam risalah kenabian. Rasulullah Saw mengoptimalkan fungsi masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah mahdah saja (sholat, membaca Al Quran, berzikir, i’tikaf), tetapi juga sebagai tempat berbagai aktivitas keumatan/ghairu mahdah yaitu difungsikan sebagai ma’had: pusat dakwah, pusat pendidikan dan pengajaran; sebagai mahkamah: tempat mengadili para pihak yang bersengketa dan tempat penyelesaian masalah; tempat prajurit muslim berkumpul sebelum memulai perjuangan, tempat mengatur strategi peperangan; pusat penerangan dan informasi kepada masyarakat; pusat kegiatan sosial, ekonomi dan politik; tempat bermusyawarah. Hal ini memperlihatkan bahwa masjid dalam Islam mempunyai misi yang dapat diwujudkan dalam berbagai aspek guna membentuk kehidupan yang Islami.


FUNGSI MASJID 


1. Tempat ibadah, seperti shalat, dzikir, i’tikaf, dan sebagaianya
2. Pusat dakwah
3. Pusat keilmuan dengan berbagai kegiatan pengajaran dan pendidikan lainnya, termasuk di dalamnya perpustakaan
4. Tempat mengumpulkan dana
5. Tempat latihan militer dan mempersiapkan alat-alat lainnya
6. Tempat pengobatan para korban perang
7. Tempat perdamaian dan pengadilan sengketa serta musyawarah dan dialog
8. Aula dan tempat menerima tamu
9. Tempat menawan tahanan
10. Sebagai tempat membina keutuhan jamaah kaum muslimin dan kegotongroyongan di dalam mewujudkan kesejahtraan bersma

Flash back bagian ke dua

Kedua: Membangun persaudaraan (ukhuwwah) antara Muhajirin dan Anshar sehingga terjadilah takaful ijtima’i (jaminan sosial, solidaritas, sepenanggungan, saling tolong-menolong). Persaudaraan yang dibangun Rasululah Saw adalah persaudaraan berdasarkan agama, menggantikan persaudaraan berdasarkan kesukuan yang berjalan sebelum itu. 




Mari Memakmurkan Masjid

sudah saatnya kita bangkit saudara muslimku semua, kita nih sebagai remaja dan pemuda muslim harus menjadi remaja muslim  jenius dan kuat . Dimulai dari  bersama kita memakmurkan masjid , bersama menguatkan ukuwah dan persaudaraan anat sesama muslim dan tak tercerai berai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar